Selasa, 25 Juni 2013

Tips Ngegame

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
~TiPS nGEGaMe~
Suka bermain game? Meski game itu seru dan mengasikkan, jangan lupa jaga kesehatan dan selalu perhatikan waktu ya. Dua hal itu memang merupakan hal sederhana tapi tampaknya sering diremehkan oleh banyak gamer. Sayangnya, hal yang terlihat ‘biasa saja’ ini malah bisa menjadi masalah yang tidak lagi ‘biasa saja’.
Kalian pasti pernah mendengar berita mengenai gamer online yang sakit, atau bahkan meninggal karena bermain game gila-gilaan di warnet. Wah, berita seperti ini yang sangat seru dan biasanya dikipas-kipasi terus oleh kalangan yang memang anti game. Mereka mengatakan bahwa game akan merusak kesehatan, dan semacam itu. Padahal kan, yang merusak kesehatan itu adalah prilaku tidak sehat dari gamernya sendiri, bukan salah gamenya.
Nah, maka dalam tulisan kali ini, Gamexeon mencoba memberikan tips sederhana untuk menjadi gamer sehat.

1. TENTUKAN JADWAL NGEGAME
2. JANGAN LUPA TIDUR
3. SELALU INGAT MAKAN DAN MINUM
Potion anti lapar, ga mungkin ada
4. CAPEK? PEGAL? BREAK DULU, LAH
5. HINDARI PRILAKU KURANG SEHAT
6. NGEGAME OKE, OLAH RAGA OKE.
KESIMPULAN

Biar tidak lupa waktu, dan jadinya kebablasan, cobalah gamer buat jadwal ngegame. Tentukan durasi waktu permainan kalian. Misalnya sih, satu hingga tiga jam perhari sudah cukup dengan tiap sesi permainan diberi waktu istirahat selama 10 sampai 15 menit.
Menurut buku panduan Nintendo, bermain game secara berlebihan bisa membuat sendi-sendi terasa nyeri, iritasi kulit, bahkan sampai  terjadi carpal tunnel syndrome sehingga tangan serta jari terasa sakit.
Kalau jadwalnya sudah ada, kalian harus disiplin ya. Jangan melanggar jadwal yang kalian buat itu.
Sesuaikan durasi permainan dengan kebutuhan kalian. Tapi, please deh, jangan buat jadwalnya 15 jam berturut-turut perhari untuk ngegame. Sama saja bohong, lah.
Ini sederhana tapi penting sekali, apalagi bagi kalian anak-anak warnet pemain MMORPG yang gemar grinding hingga lupa tidur dan begadang di warnet. Sudahlah, jika memang merasa ngantuk dan badan mulai mengirimkan sinyal agar istirahat, kalian jangan memaksakan diri.
pl22 Tips sehat bermain game online
Jangan terus-terusan mengkonsumsi kafein dalam bentuk kopi ataupun minuman energi, demi membuat mata tidak ngantuk selama grinding berlangsung. Jika kalian sudah ngantuk, ya sudah. Log out dari game, dan tidur segera. Bersyukurlah MMORPG kita bukan seperti di Sword Art Online, yang untuk log out saja susahnya minta ampun.
Idealnya para remaja sampai orang dewasa perlu tidur selama 7 sampai 9 jam dalam satu hari.
Banyak gamer MMO yang malah mempunyai penyakit lambung karena mereka lupa (atau melupakan?) untuk makan. Entah itu makan siang, atau makan malam, kalian harus tetap ingat makan.
Jika kepala sudah mulai pusing-pusing, dan pandangan sudah mulai kabur, wah, mungkin itu tandanya kalian harus istirahat sejenak dan cari makanan. Begini deh, karakter kalian mengkonsumsi potion saat HP/MP turun, masa iya kalian tidak butuh makanan saat lapar?
pl12 Tips sehat bermain game online
Sama seperti berbagai jenis Pot di dalam game yang memiliki banyak fungsi dan dikonsumsi sesuai kebutuhan, makanan dan minuman yang kamu konsumsi di dunia nyata juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan.
Untuk minuman sebaiknya mengkonsimsi air biasa, bukan Cola ataupun minuman bersoda lainnya yang berpotensi menimbulkan masalah pada lambung bila dikonsumsi pada keadaan lambung kosong dan kadar asamnya meningkat.
Lalu bagaimana dengan makanan? Daripada mengkonsumsi makanan ringan ketika main game, akan lebih baik bila mengkonsumsi makanan pokok dengan teratur, 3x dalam satu hari sesuai kebutuhan (misalnya bila kurus makan nasi, bila gemuk makan buah).

Jika sudah merasa capek, mata cenut-cenut, bahu pegal, kenapa tidak kalian bangkit sejenak dari kursi dan berjalan-jalan sebentar untuk melemaskan otot kalian yang mungkin mulai kaku. Kelamaan duduk di kursi tidak begitu oke untuk kesehatan.
Selain itu, jika mata kalian mulai cenut-cenut, kalian bisa mengalihkan pandangan sejak dari layar monitor. Mungkin, sekitar 20 menit sekali, kalian bisa memalingkan wajah dari layar, dan melihat ke objek lain. Ini penting agar mata kalian tidak mudah lelah.
Saya sadar betul bahwa banyak gamer yang rajin merokok selama sesi gaming mereka. Kadang kala saat ngegame, konsumsi rokok koq malah jadi meningkat pesat ketimbang tidak ngegame. Nah, memang sih susah menghilangkan kebiasaan merokok ini, tetapi kenapa tidak mencoba mengurangi konsumsi rokok kalian selama ngegame? Merokoknya jalan terus, eh tapi lupa makan dan minum. Kan fatal sekali itu.  Duit beli rokoknya kan juga bisa dihemat, jadinya bisa buat keperluan lain, hehe.
Selain itu, posisi duduk di depan komputer juga kurang lebih mempengaruhi. Kalian juga bisa melihat gambar di bawah ini untuk refrensi duduk di depan PC yang nyaman. Memang, kesannya ga enak dan kaku banged, tapi cara ini sering saya gunakan dan terbukti ampuh, jika dilakukan dengan benar.
pl13 317x255 Tips sehat bermain game online pl91 317x255 Tips sehat bermain game online
Banyak gamer yang lupa dengan pentingnya olah raga. Game yang dimainkan boleh sih bertemakan olah raga, tapi dirinya sendiri tidak pernah olah raga betulan. Kan gawat itu.
Olah raganya tidak usah susah-susah. Berjalan santai di pagi dan sore hari juga bisa menjaga badan agar tetap sip. Kalau fisik kita prima, maka saat ngegame jadinya ga loyo kan?
Kalau bosan berolahraga, bisa dicoba memotivasi diri dengan melakukan olahraga yang bersifat permainan seperti bermain sepakbola di depan rumah atau memainkan berbagai game Kinect seperti Kinect Sports dan YourShape.
Minum vitamin dan makan buah-buahan untuk menjaga stamina tubuh juga oke tuh. Pengalaman pribadi saya memang mengkonsumsi vitamin, yang diselingi dengan olah raga, membuat badan oke dan lebih bugar.
Nah, sebetulnya ada kok cara sederhana dan mudah untuk tetap sehat dan bisa ngegame. Intinya, kalian jangan lupa waktu dan malah berlebihan saat ngegame, serta tetap disiplin dengan aturan sehat yang sudah kalian atur itu. Percuma, sudah ada ‘jadwal game’, tapi tetap ngegame semalam suntuk. Asyik dengan game sih boleh, tapi jangan kebablasan.

Gaming isn't bad for you but if you know tips for gaming!
ditulis oleh 

1 komentar:

  1. Memang bener kalo main game, waktu dan makan jadi terlupakan , apalagi kalo gamenya game strategi , wkwkw , bisa sampai berjam-jam mantengin layar , makasih artikelnya Gan, mampir juga ke blog ane :http://simulation-gamer.blogspot.com/

    BalasHapus

Silahkan tulis apapun , Kritik , komentar, Saran, Hinaan silahkan tulis saja!